Teknik Kimia | Institut Teknologi Bandung
 

 

Program Studi Teknik Kimia

Institut Teknologi Bandung

versi iPad|info melalui: facebooktweeter|e-mail this page
 
Bahasa Indonesia  English    |
Teknik Kimia | Institut Teknologi Bandung
   
 

Info Teknik Kimia untuk...

 

Serba serbi Teknik Kimia ITB

Untitled Document
 

 

Sekilas tentang Prodi Teknik Kimia ITB

 

Program Studi Teknik Kimia menyelenggarakan Program Sarjana (S-1) dan Program Pascasarjana, yaitu untukĀ  Magister Teknik (S-2) dan Doktor (S-3). Program Sarjana ditempuh dalam 4 tahun (8 semester, 144 SKS), Program Magister dalam 4 semester (36 SKS), dan Program Doktor dalam 3 tahun (6 semester, 40 SKS). LulusanĀ  Sarjana Teknik Kimia ITB yang langsung melanjutkan ke Program Magister, dapat memperoleh gelar Sarjana Teknik dan Magister Teknik sekaligus dalam waktu total 5 tahun (4 tahun S1 + 1 tahun S2, Program Fast-Track).

Program Studi Teknik Kimia berada di bawah Fakultas Teknologi Industri ITB bersama-sama dengan Program-program Studi di lingkungan Teknik Industri dan Teknik Fisika. Pada tahun 2015, Teknik Kimia ITB membuka program-program studi baru: Teknik Pangan dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi.

Setiap tahun, Program Studi Teknik Kimia untuk Sarjana menerima sekitar 120 lulusan SMA, melalui mekanisme SNMPTN dan SBMPTN. Untuk masuk ke Program Studi Teknik Kimia, calon mahasiswa harus terlebih dahulu memilih Fakultas Teknologi Industri pada saat pendaftaran. Selama tahun pertama, mahasiswa dapat mengenal lebih jauh program-program studi di lingkungan FTI dan memilih program studi yang tepat untuk masa depan mereka.

Program Magister Teknik Kimia memiliki 5 jalur pilihan + 1 jalur profesional. Jalur pilihan tersebut adalah: Teknologi Kimia; Teknologi Bioproses; Teknologi Bioenergi; Teknologi Reaksi Kimia; dan Teknologi Proses Elektrokimia. Sedangkan Jalur Pilihan Rekayasa Proses ditujukan untuk para profesional yang bekerja di bidang proses kimia.

Program Doktor Teknik Kimia didukung oleh para peneliti yang memiliki reputasi baik secara nasional maupun internasional. Bidang-bidang yang diunggulkan antara lain: perancangan dan pembuatan katalis pengolahan minyak bumi; pengembangan proses pemanfaatan biomassa untuk energi terbarukan; perancangan dan pembuatan membran untuk pengolahan air; pengembangan peralatan proses yang efisien dan mutakhir; pengolahan dan pemanfaatan limbah menjadi bahan bernilai dls.

Program Studi Teknik Kimia memiliki hubungan kerjasama di bidang pendidikan maupun penelitian dengan beberapa Universitas di Amerika, Jepang, Jerman, Korea, Swedia, Singapura, Malaysia, Thailand dls. Kegiatan yang dilakukan melalui kerjasama bilateral tersebut antara lain pertukaran mahasiswa; pertukaran dosen; seminar dan workshop; penelitian bersama; dan lain sebagainya.

Sebagian besar lulusan Sarjana dan Magister Teknik Kimia bekerja pada industri proses kimia, antara lain adalah: industri pengolahan minyak bumi seperti Pertamina, Chevron, Medco E&P, Total; industri petrokimia seperti Pupuk Kujang, Pupuk Sriwidjaja, Chandra Asri, BASF; industri kertas, industri makanan, pabrik semen, dan sebagainya.

 
Pimpinan
 

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Kimia:
Dr. T. Walmiki Samadhi

Ketua Program Studi Magister dan Doktor Teknik Kimia:
Dr. Ronny Purwadi

Koordinator Laboratorium Instruksional:
Dr. Ardiyan Harimawan

Koordinator Menulis Laporan dan Penelitian:
Dr. Yogi Wibisono Budhi

Koordinator Rancangan Pabrik:
Dr. Tri Partono Adhi

Koordinator Kerja Praktek:
Dr. IGBN Makertihartha

Teknik Kimia | Institut Teknologi Bandung

 

 

Program Studi Teknik Kimia ITB
Gedung Labtek X Kampus ITB, Jl. Ganesha 10, Bandung 40132
Telp. (022) 2500989, Fax (022) 2501438
e-mail : cheitb(at)che.itb.ac.id

Copyright 2011

SKTK