Kunjungan Industri ke RU VI Balongan

Pada hari Selasa, 28 November 2017, rombongan dari Teknik Kimia ITB beranggotakan 48 orang dari angkatan 2014, 2015, dan 2016 bersama dengan Dr. Dendy Adityawarman melaksanakan kunjungan industri ke Pertamina RU VI Balongan. Untuk tahun ini, kegiatan ini mendapatkan pendanaan dari UPP Chevron ITB.

Rombongan berangkat dari kampus ITB Ganesha pada pukul 03.00 WIB dengan menggunakan bus yang disewa. Perjalanan berjalan lancar dan rombongan tiba tepat waktu di Balongan pada pukul 08.30 WIB sesuai dengan rencana. Rombongan diarahkan ke Kompleks Pertamina Perumahan Bumi Patra, Gedung Patra Ayu untuk acara pembukaan kunjungan industri. Acara diawali dengan sambutan dari pihak Pertamina RU VI, kemudian diikuti dengan ucapan terima kasih dari pihak TK ITB diwakili oleh Dr. Dendy Adityawarman atas kesediaan Pertamina RU VI untuk menerima kunjungan industri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan profil singkat dari PT Pertamina diikuti dengan pemaparan singkat proses yang berlangsung di Pertamina RU VI oleh Process Manager. RU VI Balongan merupakan unit pengolahan terintegrasi yang mengolah minyak mentah maupun nafta dari kilang lain menjadi berbagai produk seperti Bahan Bakar Minyak, bahan bakar khusus, dan produk non-BBM. Kilang ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan BBM di daerah Jakarta dan Jawa Barat dan mengolah bahan baku minyak mentah Duri dan Minas dengan kapasitas 125.000 Barrel per Stream Day (BPSD). Produk yang dihasilkan dari Refinery Unit ini berupa kerosene, LPG, gasoline (Premium, Pertamax, Pertamax Plus), Solar, Pertamina DEX, propilen, IDF, Decant Oil dan IFO.

Oleh karena waktu kunjungan yang terbatas, pemaparan dipersingkat dan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan untuk melihat unit-unit dalam Pertamina RU VI. Oleh karena keterbatasan APD yang ada, kunjungan dibagi menjadi dua batch. Dengan menggunakan bus, rombongan mengelilingi kompleks unit produksi yang dimiliki oleh Pertamina RU VI dan diberi penjelasan terkait dengan unit proses bersangkutan. Setelah berkeliling, rombongan kembali ke ruang pertemuan dan dilakukan pertukaran cinderamata antara TK ITB dengan Pertamina RU VI Balongan. Kegiatan kunjungan industri pun resmi ditutup.

Dengan kunjungan tersebut, diharapkan mahasiswa TK ITB memperoleh manfaat dan pengalaman tambahan terkait kondisi nyata yang ada di sebuah pabrik khususnya pemrosesan minyak dan gas bumi serta menjalin hubungan baik dengan Pertamina RU VI Balongan. Adapun tanggapan dari peserta kunjungan sangat positif dan berkesan dimana semua peserta mendapat tambahan pengalaman dan wawasan. Hal yang mungkin masih terasa kurang dari kunjungan ini adalah waktu pemaparan terkait proses yang ada di Pertamina RU VI.

Ucapkan terima kasih sebesar-besarnya disampaikan kepada UPP Chevron ITB yang telah bersedia membantu mendanai kunjungan industri ini. Semoga hubungan baik TK ITB dan UPP Chevron ITB dapat tetap terjaga di masa mendatang.

Berita Terkait