Mahasiswa Teknik Kimia Meraih Juara I Pada Acara National Safety Competition 2018

Disadur dari situs FTI

Dimas Prasetyo Adjie, NIM 13015072 dan Irhas Santika Abdullah, NIM 13015007 dari Program Studi Sarjana Teknik Kimia ITB, berhasil meraih prestasi gemilang sebagai Juara I pada acara National Safety Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Grand Seminar merupakan acara puncak National Safety Competition 2018. Acara ini terbuka untuk kalangan mahasiswa serta masyarakat umum. Pada acara ini, peserta akan memperoleh berbagai pengetahuan dan wawasan mengenai safety yang ada di industri.

Rangkaian acara Grand Seminar terbagi menjadi 2 sesi, yakni sesi kuliah umum oleh 2 keynote speaker dan dilanjutkan dengan sesi kelas. Pada sesi kelas, peserta akan membahas secara mendalam safety di industri berdasarkan sumber hazardnya. Tahun ini tersedia 3 kelas yakni kelas Fire and Explosion, Chemicals, dan Radioactive.

Deskripsi Kelas :

Fire and Explosion

Kelas ini membahas hazard api dan ledakan yang dapat ditimbulkan oleh gas, kabut/uap ataupun partikel debu yang mudah terbakar. Selain itu akan dijelaskan pula cara-cara untuk mencegah terjadinya api ataupun ledakan untuk menciptakan lingkungan yang aman.

Chemicals

Kelas ini akan membahas karakteristik apa saja yang perlu diperhatikan dalam bahan-bahan kimia (chemicals) di industri, khususnya yang terkait safety. Hal ini bertujuan agar dapat ditentukan cara penanganan yang tepat untuk masing-masing bahan kimia. Bahan kimia yang dengan karakteristik berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula.

Radioactive

Kelas ini akan secara fokus membahas hazard yang berhubungan dengan zat radioaktif. Hal ini dapat berupa jenis-jenis radiasi ataupun berbagai sumber radiasi. Selain itu akan dijelaskan pula efek yang timbul apabila pekerja terpapar oleh zat radioaktif dan bagaimana cara untuk mencegah paparan radiasi.

Selamat atas raihan prestasi yang memuaskan, semoga menjadi inspirasi dan semangat bagi mahasiswa lainnya.

Berita Terkait