KULIAH KERJA TEKNIK KIMIA 2019

Kuliah kerja merupakan salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa tingkat tiga Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung. Kegiatan kuliah kerja ini merupakan bagian dari proses pembelajaran di Teknik Kimia yang mana memberikan mahasiswa Teknik Kimia kesempatan untuk melihat secara langsung proses yang ada di industri-industri kimia. Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari, yakni dari tanggal 8 sampai dengan 11 Januari 2019. Pada kegiatan ini, 106 mahasiswa bersama 3 orang dosen pendamping mengunjungi 3 buah pabrik kimia: PT. Nitrotama Kimia, PT. Perkebunan Nusantara VIII Kebun Jalupang, dan PT. Pertamina RU VI Balongan. Di samping kunjungan ke pabrik kimia, peserta Kuliah Kerja Teknik Kimia 2019 juga melakukan kunjungan ke Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kegiatan kuliah kerja ini ditutup dengan kegiatan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan kuliah kerja ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa teknik kimia mengenai industri-industri kimia yang berada di Indonesia serta mempererat tali persaudaraan antar angkatan melalui berbagai rangkaian kegiatan bersama.

Hari pertama dari kegiatan Kuliah KerjaTeknik Kimia 2019 diisi dengan kunjungan ke PT. Multi Nitrotama Kimia (MNK) yang terletak di wilayah Kawasan Industri Kujang Cikampek. Di sana, mahasiswa memperoleh pemaparan dari pihak perusahaan mengenai rangkaian proses yang terjadi. Selain pemaparan, sebagian mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berkeliling pabrik dan mengunjungi control room dari pabrik tersebut. Rombongan Kuliah Kerja Teknik Kimia 2019 juga berkesempatan untuk bertemu dengan kakak tingkat yang sedang menjalankan kerja praktik di PT. Multi Nitrotama Kimia. Beranjak dari PT. MNK, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke PT. Perkebunan Nusantara VIII, Kebun Jalupang. Di sini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan karet dari pohon karet hingga siap untuk dijual. Disamping teknologi pengolahan karet, dijelaskan pula teknologi pengolahan limbahnya mulai dari insinerasi, kolam aerasi, dan beberapa teknologi pengolahan limbah padat. Seusai kunjungan, rombongan bermalam di kota Cirebon sebelum melanjutkan kunjungan ke pabrik berikutnya.

Kunjungan pabrik dilanjutkan kembali pada hari kedua, yakni ke PT. Pertamina RU VI Balongan. Rombongan tiba di Balongan, tepatnya di Gedung Patra Ayu Komplek Bumi Patra sekitar pukul 09.00 WIB. Di sana, rombongan disambut dengan baik serta memperoleh penjelasan mengenai proses-proses yang ada di dalam Refinery Unit (RU) VI, Balongan. Setelah itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk melihat secara langsung unit-unit proses yang ada di RU VI, Balongan. Refinery Unit Balongan merupakan Refinery Unit yang paling muda dan paling kompleks yang dimiliki oleh PT. Pertamina.

Rangkaian Kuliah Kerja Teknik Kimia 2019 dilanjutkan dengan perjalanan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan di DIY diawali dengan kunjungan ke Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada. Pada kunjungan ini, mahasiswa memperoleh berbagai informasi mengenai sistem pendidikan yang berlaku di Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa laboratorium yang ada diĀ  Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada. Melalui kegiatan ini, mahasiwa Teknik Kimia ITB dapat menjalin relasi dengan mahasiwa Teknik Kimia UGM dan menjalin tali silaturahmi antar universitas. Untuk menutup kegiatan Kuliah Kerja Teknik Kimia 2019 ini, peserta kuliah kerja melakukan wisata bersama ke Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Tidak lupa juga, peserta menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh di salah satu pusat oleh-oleh yang terletak di Jl. Solo. Kegiatan diakhiri dengan acara bebas di Yogyakarta sebelum kembali ke Bandung pada tanggal 11 Januari 2019.

Secara keseluruhan, kegiatan Kuliah Kerja Teknik Kimia Angkatan 2016 telah berjalan dengan baik dan juga telah menambah wawasan bagi para peserta mengenai industri yang ada di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Berita Terkait