Mahasiswa Teknik Kimia ITB Raih Juara di Essay Competition CHEETAH UMJ 2019

Jeanny Wijaya dan Jolanda Pretty Punyanan, mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2017 berhasil meraih juara satu dalam ajang Essay Competition Chemical Engineering to Atmosphere (CHEETAH) yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu (24/08/2019). Tim ini berada di bawah bimbingan Dr. Ir. Melia Laniwati Gunawan, M.S..

Lomba esai ini merupakan kompetisi di bidang keilmuan Teknik Kimia berskala nasional yang digelar tiap tahun. Pada tahun ini, tema yang diangkat bertajuk “Industrial Transformation Strategy to Deal with Industry 4.0.

Jeanny dan Jolanda mengambil subtema inovasi energi terbarukan dan membuat esai berjudul “Pemanfaatan Biomassa Mikroalga sebagai Sumber Bahan Baku Biodiesel dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Gagasan tersebut muncul karena jumlah mikroalga yang melimpah di Indonesia, kemampuannya untuk cepat berkembang biak, pembudidayaannya hanya memerlukan air, CO2, dan cahaya matahari, serta kandungan lipidnya yang tinggi. Hal-hal tersebut yang menjadikan mikroalga berpotensi sebagai bahan baku biodiesel.

Penerapan biodiesel berbasis mikroalga sudah dilakukan secara komersial di beberapa pabrik di Amerika. Namun, pemanfaatan mikroalga sebagai biodiesel belum dilakukan dalam skala pabrik di Indonesia karena keterbatasan teknologi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi mahasiswa agar dapat terus berinovasi demi kemajuan bangsa Indonesia.

Berita Terkait