AIChE ITB Raih Penghargaan Outstanding Student Chapter Award 2019


*Plant Visit AIChE ITB SC mengunjungi PT Pembangkitan Jawa Bali, Cirata, April 2019. (Foto: Dok. Pribadi)

BANDUNG, itb.ac.id — American Institute of Chemical Engineers Institut Teknologi Bandung Student Chapter (AIChE ITB SC) berhasil terpilih menjadi salah satu dari 30 student chapter yang memperoleh Outstanding Student Chapter Award 2019 dengan menyisihkan student chapter lainnya dari total 325 di seluruh dunia. Penganugerahan penghargaan tersebut akan dilaksanakan pada 2019 AIChE Annual Student Conference, 10 November 2019 di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut diraih setelah AIChE ITB SC secara aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk pengembangan hard skill dan soft skill para anggotanya dalam mempersiapkan diri menjadi process engineer setelah menyelesaikan program sarjana.

Presiden AIChE ITB SC Ivant Septiawarman menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan yang pertama diraih oleh AIChE ITB. Dalam kegiatannya, AIChE juga rutin menggelar seminar keprofesian dalam bidang teknik kimia dengan mengundang praktisi maupun akademisi dari industri proses. Setiap tahun AIChE ITB SC mendukung HIMATEK-ITB menyelenggarakan kompetisi regional IChEC (Indonesia Chemical Engineering Challenge) yang terdiri dari lomba plant design, problem solving, essay, video, dan poster. Selain itu, AIChE ITB SC juga menyelenggarakan kegiatan pengembangan anggota seperti FGD training, job preparation workshop, financial plan training, joint technical class, plant visit, dan community service.

“Sekarang ini kami punya sekitar 280-an anggota mahasiswa ITB dengan jurusan yang beragam tidak hanya mahasiswa jurusan Teknik Kimia saja, tetapi juga dari jurusan bikrobiologi, teknologi pasca panen, teknik elektro power,” ujarnya. Dia berharap, di kepengurusannya kali ini bisa menyelenggarakan Indonesia Regional Chemical Conference tahun 2020.

AIChE ITB SC didirikan secara resmi pada 2 Oktober 2015 dan merupakan organisasi AIChE student chapter pertama di Indonesia. Presiden pertama sekaligus pendiri organisasi ini adalah Nursayyidah Ainun Jahsy (Teknik Kimia 2012) dengan pembimbing Profesor Dwiwahju Sasongko atau lebih akrab dipanggil Prof. Song.

Dijelaskan Prof. Song, student chapter merupakan jenis organisasi AIChE yang diperuntukkan bagi mahasiswa di perguruan tingginya masing-masing dan difokuskan untuk menjalin hubungan baik antara dunia akademik dan industri serta meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam memajukkan industri proses secara nasional maupun internasional.

“Yang membedakan dengan himpunan adalah student chapter ini skalanya internasional dan berpusat di Amerika,” ujar Prof. Song yang juga AIChE senior member itu. AIChE ITB SC dapat menjadi menjadi media penghubung para mahasiswa yang tertarik pada dunia proses dengan bersinergi dan berkolaborasi untuk memajukan industri proses di tanah air.

Berita Terkait