Program Pertukaran Pelajar MBKM Antara UGM-ITB

Program ini diselenggarakan agar dapat membentuk sikap mahasiswa Prodi Teknik Kimia dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi yang tersurat pada Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 yakni menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Pada program ini, mahasiswa Prodi Teknik Kimia dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi akan mengambil mata kuliah di Program Studi yang lain baik di dalam institusi yang sama (ITB) atau dengan institusi yang berbeda (universitas lain) yang selaras dengan tujuan pembelajaran di Prodi Teknik Kimia dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi.

Terkait dengan program Pertukaran Pelajar, Prodi Teknik Kimia dan Teknik Bioenergi & Kemurgi telah melakukan diskusi dengan Prodi lain, seperti Prodi Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada (UGM). Program Pertukaran Pelajar digulirkan mulai Semester 1 2021/2022. Terdapat kurang lebih 20 mahasiswa dari Komunitas Teknik Kimia ITB dan 21 mahasiswa dari Teknik Kimia UGM yang mengikuti program pertukaran pelajar MBKM ini.

Prodi Teknik Kimia UGM memiliki mata kuliah pilihan minat berupa Pemisahan dan Pemurnian Produk Hayati yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Selain itu, mata kuliah pilihan Energi Terbarukan sangat menunjang pendidikan untuk mahasiswa Teknik Kimia dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Mengingat saat ini sedang terjadi pandemi COVID-19, proses pembelajaran masih dilaksanakan secara daring. Semoga kerjasama ini dapat ditingkatkan dimasa mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai