Informasi untuk Mahasiswa TPB/FTI

front-TK-05

Program Studi Teknik Kimia secara umum memiliki tiga subprogram studi, Teknologi Kimia (TK), Teknologi Bioproses (TB), dan Teknologi Pangan (TP). Penjurusan jalur pilihan dilakukan pada awal semester 4. Setiap jalur pilihan memiliki satu atau dua mata kuliah khusus setiap semesternya yang tidak tersedia jalur pilihan yang lain. Kegiatan praktikum pada Tingkat 2 merupakan praktikum kimia di Laboratorium Program Studi Kimia, meliputi Kimia Analitik, Kimia Organik, dan Kimia Fisik (khusus jalur TK). Kegiatan praktikum pada Tingkat 3 merupakan praktikum operasi-operasi Teknik Kimia skala kecil yang dilakukan di Laboratorium Instruksional Program Studi Teknik Kimia.

Tiga tugas akhir utama yang harus diselesaikan di Program Studi ini adalah Kerja Praktek, Penelitian, dan Prarancangan Pabrik. Ketiganya menuntut mahasiswa menyusun laporan atas kegiatan atau hasil tugasnya. Kerja Praktek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia industri selama kurang lebih dua bulan. Penelitian dilakukan bersama dosen pembimbing dengan topik penelitian yang dikeluarkan oleh dosen pembimbing. Pengambilan data penelitian dapat dilakukan di dalam laboratorium di Program Studi atau di luar kampus sesuai kebutuhan penelitian. Prarancangan Pabrik menguji kemampuan aplikatif mahasiswa secara keseluruhan dalam merancang sebuah pabrik kimia menggunakan dasar-dasar ilmu yang telah diajarkan. Kerja Praktek dan Penelitian dilakukan oleh kelompok beranggotakan dua mahasiswa, sedangkan Prarancangan Pabrik dilakukan oleh kelompok beranggotakan tiga mahasiswa.

Program Studi Teknik Kimia memiliki jatah 105 mahasiswa dari TPB FTI. Seleksi dilakukan berdasarkan prioritas minat pada formulir pilihan. Untuk informasi lebih lengkap, mahasiswa TPB FTI dapat menghubungi dosen wali TPB masing-masing. Mahasiswa TPB FTI juga dapat menanyakan perihal Program Studi Teknik Kimia melalui Tata Usaha Teknik Kimiadi Gedung Labtek X Lantai 2.