ITB-UNPATTI MENYELENGGARAKAN SEMINAR INTERNASIONAL YANG MENGUSUNG TOPIK PENGEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUK NEGARA KEPULAUAN

Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung kembali menyelenggarakan International Seminar on Chemical Engineering Soehadi Reksowardojo (STKSR) 2022 di Wilayah Indonesia timur. Tahun ini, ITB menggandeng Universitas Pattimura (UNPATTI), Ambon, dalam pagelaran yang diselenggarakan pada 9-10 Agustus 2022 tersebut. STKSR tahun ini diselenggarakan secara bauran di kampus UNPATTI, di Ambon.

Seminar STKSR merupakan seminar tahunan yang diadakan oleh Program Studi Teknik Kimia ITB untuk menghormati kontribusi Prof. Soehadi Reksowardojo terhadap perkembangan awal pendidikan tinggi teknik kimia di Indonesia. STKSR tahun ini menugusung topik yang berkaitan dengan pengembangan teknologi di negara kepuluan. Seminar yang bertajuk “Building Indonesia Through The Development of Appropriate Technology for Archipelagic Country” ini mengundang Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, sebagai pembicara kunci. Seminar internasional ini juga dihadiri pembicara kunci dari luar negeri, yaitu Prof. Dr. Iftekar Abubakar Karimi (NUS, Singapura), Prof. Guoqing Guan (Hirosaki University, Jepang), dan Dr. Eng. Muhammad Aziz (The University of Tokyo, Jepang), serta pembicara kunci dari Indonesia, yaitu Dr. Ir. I.G.B. Ngurah Makertihartha (ITB) dan Ir. Jaya Wahono (Clean Power Indonesia).

Seminar internasional yang dibuka oleh Wakil Rekor Riset dan Inovasi ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. ini juga dimeriahkan dengan kesenian daerah yang ditampilkan oleh mahasiswa Unpatti. Yang menarik, antuasiasme para peneliti untuk menghadiri seminar internasioal ini juga cukup tinggi. Ketua panitia seminar STKSR 2022 ini, Dr. Jenny Rizkiana (ITB), melaporkan bahwa ada sekitar 200-an makalah ilmiah yang akan dipresentasikan di seminar ini oleh para penelitian dari dalam negeri maupun luar negeri. Partisipan dari luar negeri yang turut menyajikan hasil penelitiannya antara lain dari Hirosaki University dan Swinburne University of Technology. Topik-topik penelitian yang disajikan juga sangat menarik, yang mencakup Bioenergy and Alternative Energy, Food Engineering and Technology, Bioprocess Engineering, Chemurgy and Bio-based Materials, Advanced Science and Materials, Separation Technology, Process Simulation, Industrial Application, Reaction and Control Engineering, dan Chemical Engineering Education. Ke Depan, Teknik Kimia ITB akan menggelar kegiatan serupa dengan menggandeng partner-partner lain sebagai bagian dari kontribusi ITB terhadap pengembangan atmosfer akademik di kampus-kampus lain.