Kelompok Keahlian

Program Studi Teknik Kimia memiliki 3 Kelompok Keahlian :

1. Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia

Kelompok Keahlian Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia memiliki bidang kajian pengembangan ilmu rekayasa kimia dan katalis, proses pemisahan dan pemurnian serta proses komputasi.

2. Perancangan dan Pengembangan Produk Teknik Kimia

Bidang kajian: Kegiatan penelitian diarahkan pada perancangan dan pengembangan produk-produk inovatif berbasis sumber daya lokal. Dalam kegiatannya, kelompok keahlian kami melakukan kajian dalam bidang penerapan prinsip-prinsip sains dan keteknikan dalam pemrosesan suatu bahan menggunakan katalis maupun biokatalis untuk menghasilkan barang dan jasa. Dalam hal ini, barang dalam kaitannya dengan makanan hasil fermentasi, pakan, minuman, obat-obatan, enzim mikrobial, bioetanol, asdam-asam organik, polimer yang dapat didegradasi, dan bahan-bahan kimia lain, sementara dalam lingkup jasa difokuskan terutama pada pemurnian air, managemen limbah domestik dan limbah industri.

3. Energi dan Sistem Pemroses Teknik Kimia

Kelompok Keahlian Energi dan Sistem Pemroses Teknik Kimia memiliki bidang kajian pengembangan ilmu rekayasa energi antara lain pengembangan bio-fuel sebagai salah satu alternatif bahan bakar kendaraan bermotor.

4. Teknologi Reaksi Kimia dan Katalis

Kelompok Keahlian Teknologi Reaksi Kimia dan Katalisis memiliki bidang kajian dalam pengembangan ilmu reaksi kimia dan katalis, pengembangan sistem produksi, serta pengembangan simulasi  untuk perbaikan operasi dan peningkatan kinerja pabrik.

Penelitian, kerjasama serta pengembangan kepakaran dan keilmuan sejalan dengan roadmap Kelompok Keahlian Teknologi Reaksi Kimia dan Katalisis yang dikemas dalam klaster-klaster kegiatan yang disusun berdassarkan bidang keilmuan, yaitu:

  1. Reaksi Kimia dan Katalisis,
  2. Perancangan Sistem Produksi berbasis Reaksi dan Katalis,
  3. Simulasi Proses untuk Pengembangan dan Evaluasi Proses.

5. Teknologi Pengolahan Biomassa dan Pangan

Bidang Kajian Kelompok Keahlian Teknologi Pengolahan Biomassa dan Pangan adalah mengembangkan ilmu rekayasa proses kemurgi dan pangan berbasis bahan baku lokal Indonesia untuk menghasilkan produk dan komponen pangan dan pakan, produk-produk pengganti produk serupa berbasis minyak bumi, sampai skala industrial.