Visi, Misi, dan Tujuan

front-TK-03

Program Studi Teknik Pangan dikembangkan untuk ikut serta dalam menanggulangi isu – isu nasional dan mempersiapkan bangsa menghadapi persaingan global. Tenaga ahli yang dihasilkan diharapkan tidak hanya berkompetensi dalam bidang teknologi, tetapi juga mampu untuk melakukan inovasi dalam pembaruan sistem pasca panen yang berdaya saing global, mengikuti perkembangan keilmuan di dunia internasional, serta dilandasi Visi, Misi, dan Cita – cita luhur ITB. Dalam menjalankan fungsi dan peran tersebut, program  studi berlandaskan pada Visi dan Misi sebagai berikut:

 

Visi Program Studi Teknik Pangan adalah:

menjadi Program Studi Teknik Pangan yang mempunyai reputasi dan sejajar dengan program studi sejenis di Asia – Pasifik dan Eropa dan ikut mendukung ITB dalam mewujudkan Visi berperan dalam menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat dan sejahtera.

Misi Program Studi Teknik Pangan adalah:

mempersiapkan lulusan yang mampu untuk dikemudian hari menjadi tenaga ahli pengolahan pangan dan berperan aktif dalam kelompok proses pembaharuan sistem industri pangan yang kompleks dan berkelanjutan serta dapat menanggulangi masalah-masalah pangan Indonesia.

 

Berangkat dari visi dan misi tersebut maka Program Studi Teknik Pangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sumber daya insani yang memiliki:

  1. Pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknologi Pengolahan Pangan sehingga dapat menformulasikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pemrosesan dan pengolahan pangan pada skala industri, serta dapat menemukan solusi permasalahan di bidang terkait.
  2. Memiliki pengetahuan tentang komponen pangan khas Indonesia dan pangan tandingan dari dalam negeri.
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja dalam tim yang bersifat multi disiplin.
  4. Menjunjung profesionalisme dalam pekerjaan yang dilakukan.
  5. Kemampuan dan kemauan untuk terus belajar dalam rangka mengikuti perkembangan global.