Tujuan Program Studi Magister Teknik Kimia

Program Pendidikan Magister Teknik Kimia FTI ITB bertujuan menghasilkan magister teknik kimia yang memiliki kompetensi berikut:

  1. mampu mengintegrasikan ilmu dasar rekayasa kimia dan ilmu rekayasa kimia untuk memecahkan persoalan-persoalan yang rumit dalam bidang teknik kimia,
  2. mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan bidang teknik kimia dengan metode-metode yang sesuai,
  3. mampu mengidentifikasi masalah, merancang eksperimen/kajian ilmiah, memecahkan masalah secara sistematis melalui suatu eksperimen/kajian ilmiah serta menginterpretasikan data yang diperoleh sehingga dapat menyelesaikan masalah.

 

Dengan tujuan ini, para lulusan dari Program Magister Teknik Kimia FTI ITB diharapkan dapat menempati posisi-posisi pimpinan proyek pembangunan instalasi proses ataupun evaluasi kinerja proses berskala menengah di industri kimia. Dalam bidang pendidikan teknik kimia di Indonesia, para lulusan juga dapat mendapatkan posisi sebagai asisten akademik atau dosen muda pada awal karirnya. Selain itu, para lulusan juga mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan doktor, baik di dalam maupun di luar negeri.