Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB

front-himatek

Mahasiwa Teknik Kimia Indonesia adalah bagian yang tak terpisahkan dari civitas akademika perguruan tinggi serta bangsa dan negara Indonesia sebagai pengemban kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan, maka pada dirinya terpikul peran dan tanggung jawab yang luhur untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai kebenaran demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Maka untuk mengemban peran dan tanggung jawab tersebut, pada dirinya dituntut sedini mungkin untuk senantiasa membina diri dan mengembangkan potensi dalam suatu wadah bagi munculnya kreativitas dan aktivitas berdasarkan prinsip kekeluargaan dan kebersamaan.

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (HIMATEK ITB), yang didirikan pada tanggal 26 September 1952, merupakan suatu wadah organisasi bagi mahasiswa program studi teknik kimia ITB. HIMATEK ITB berbasiskan keprofesian, bersifat independen, dan berperan sebagai sarana untuk mengembangkan diri menuju manusia dewasa seutuhnya.

HIMATEK ITB didirikan dengan tujuan:

Ikut mengupayakan tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran ilmu dan teknologi kimia di Program Studi Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung.

Mengembangkan sikap profesionalisme mahasiswa teknik kimia sedini mungkin dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui ragam aktivitas Himpunan yang menunjang program Himpunan ke arah pembinaan profesi teknik kimia.

Memberikan corak bagi dinamika dunia kemahasiswaan di Indonesia dengan mempertahankan sikap kritis, rasional, terbuka, mental kepeloporan dan idealisme dalam menghadapi segala permasalahan bangsa dan negara.

Untuk mencapai maksud dan tujuan, maka HIMATEK ITB selalu berusaha untuk:

Merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler terutama yang bersifat keilmuan dan keprofesian

Menciptakan iklim yang memacu bagi mahasiswa teknik kimia untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi yang bermanfaat melalui ragam kegiatan yang sesuai dengan bakat, minat dan kegemaran mahasiswa

Menjalin hubungan baik dengan organisasi, instansi dan pihak-pihak yang memiliki keterkaitan erat dalam upaya pengembangan profesi teknik kimia demi memajukan teknologi industri kimia Indonesia kini dan masa depan.

Menyediakan sarana dan aktivitas yang menunjang dan mendayagunakan jasa keahlian mahasiswa teknik kimia Institut Teknologi Bandung agar dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sebagai salah satu kontribusi nyata mahasiswa teknik kimia dalam pembangunan nasional.