Orasi Ilmiah Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB Prof. Danu Ariono

Bandung, Sabtu, 21 September 2019, bertempat di Aula Barat ITB, Jln. Ganesa No. 10, mulai pukul 09:00 – 11:00 WIB, Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB.

Pada kesempatan ini, Profesor Danu Ariono dari Program Studi Teknik Kimia FTI ITB, diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi Ilmiahnya dengan judul: Perkembangan Teknologi Pemisahan Difungsional”.

Orasi ilmiah ini merupakan pertanggungjawaban akademik dan komitmen atas jabatan sebagai Guru Besar. (buku materi Orasi Ilmiah bisa dilihat di sini).

Dikutip dari Buku Orasi Ilmiah Profesor Danu Ariono yang disampaikan dalam pendahuluannya, Proses pemisahan merupakan suatu kegiatan memisahkan satu atau beberapa komponen yang ada dalam campuran. Proses pemisahan, diyakini telah dikenal oleh manusia ratusan tahun sebelum masehi. Proses kristalisasi, distilasi, adsorpsi, absorpsi, dan ekstraksi. Dalam proses pemisahan, kristalisasi merupakan unit operasi tertua dalam portofolio teknik pemisahan. Hal ini dapat dimengerti karena prinsip dasar proses ini sangat sederhana yaitu hanya pemanasan atau evaporasi larutan hingga terjadi kristalisasi, selain itu juga dapat melalui proses pendinginan larutan.

Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan dan anggota Forum Guru Besar ITB, staf pengajar FTI khususnya dari Program Studi Teknik Kimia, mahasiswa, para undangan lainnya dan keluarga.

Acara ditutup dengan kegiatan penyampaian ucapan selamat, foto bersama dan ramah tamah.

Berita Terkait