Pertamina, ITB, dan Pupuk Patungan Bangun Pabrik Katalis di Cikampek


Foto: Ari Saputra (detik.com)

 

Jakarta

PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Kujang dan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah melakukan Joint Venture Framework Agreement untuk pengembangan pabrik katalis. Sebagai tindak lanjutnya, pabrik tersebut akan segera dibangun di Cikampek.

Menteri ESDM Arifin Tasrif hari ini sudah menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana pembangunan pabrik tersebut. Dia melaporkan pembangunan pabrik akan dilakukan pada akhir Maret 2020.

“Katalis yang mau bikin BBM dari sawit nanti kerja sama ditandatangani minggu pertama bulan Maret dan kemudian rencana groundbreaking pabriknya di Cikampek akhir Maret. Bikin pabrik dulu,” ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Pabrik tersebut nantinya akan dikelola bersama oleh Pertamina, ITB, dan Pupuk Kujang. Nilai investasi untuk mendirikan pabrik ini diperkirakan Rp 150 miliar.

“Untuk kapasitasnya saya lupa berapa ribu ton,” tuturnya.

Katalis merupakan suatu zat untuk mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu yang digunakan dalam proses pengolahan produk migas. ITB sendiri mampu membuat katalis yang dapat berguna untuk produksi bahan bakar hayati (biofuel) berbasis minyak kelapa sawit.

Pupuk Kujang sendiri selain juga berperan untuk menyediakan lahan untuk pengembangan pabrik katalis. Lahan yang dipersiapkan sekitar 2 hektare.

 

Disadur dari : detik.com