Mahasiswa ITB Jadi Pemenang Nasional L’Oréal Brandstorm 2020

foto: dok. L’Oréal

TRIBUNJAKARTA.COM – Kompetisi L’Oreal Brandstorm kembali digelar di tahun 2020 yang diikuti mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Dengan tema utama “Build a Plastic-less Future in the Beauty Industry”, tim PlusTree dari Institut Teknologi Bandung sebagai pemenang di tingkat nasional akan bertanding di tingkat Internasional untuk merebutkan hadiah utama yaitu Intrapreneurship Award dari kampus startup terbesar di dunia, Station F di Paris dan mengikuti One Young World Summit di Munich.

Pemenang internasional akan diberikan kesempatan magang di Paris selama 3 bulan untuk mengembangkan ide mereka.

Tema pada tahun ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya L’Oréal Brandstorm mengangkat komitmen pembangunan berkelanjutan perusahaan, Sharing Beauty with All, sebagai misi utama yang diberikan pada para peserta.

Mahasiswa ditantang untuk menciptakan ide inovatif untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan plastik, menciptakan solusi bisnis serta mengubah perilaku konsumen.

“Melalui L’Oréal Brandstorm 2020 dengan tema utama “Build a Plastic-less Future in the Beauty Industry”, kami mengajak generasi muda Indonesia menciptakan inovasi ramah lingkungan guna mengurangi penggunaan plastik demi membangun masa depan industri kecantikan,” ungkap Umesh Phadke, Presiden Direktur, L’Oréal Indonesia.

Sementara itu, Restu Widiati, Human Resources Director, L’Oréal Indonesia menjelaskan, keinginan untuk memaksimalkan potensi talenta muda Indonesia melalui kompetisi L’Oréal Brandstorm 2020.

Lebih dari 1000 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia mendaftar serta mengirimkan ide-ide yang beragam menjadi bukti peran aktif keterlibatan generasi muda  menciptakan inovasi untuk menjawab salah satu tantangan lingkungan terbesar saat ini.

Tim PlusTree terdiri dari Antonius Reynard Affandi, Farhan Hadi Taskaya dan Karin Adriana. Ketiganya menempuh studi S1 di Institut Teknologi Bandung.

Mereka menciptakan inovasi untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik satu kali pakai dengan kemasan biomasa yang dapat terurai ke dalam tanah

Produk ini mengubah material awal plastik pada kemasan yang terbuat dari minyak bumi menjadi bahan alami yang terbuat dari serat pati seperti jagung dan singkong. Di dalam kemasan PLUSTREE terdapat biji yang dapat tumbuh menjadi tanaman.

Setelah digunakan oleh konsumen, kemasan PLUSTREE dapat ditempatkan ke dalam pot sebagai benih untuk menumbuhkan tanaman.

PLUSTREE akan mengubah perilaku konsumen menjadi lebih sadar akan lingkungan dan membuat program komunitas ramah lingkungan dengan bantuan aplikasi interaktif.

“Pemilihan pemenang dilakukan dengan melihat empat aspek yaitu inovasi, manfaat, kesiapan pengaplikasian ide, dan skalabilitas,” jelas Mohammad Bijaksana Junerosano, pendiri Waste4Change, dan juri tamu L’Oréal Brandstorm 2020.

Diadakan sejak tahun 1992, L’Oréal Brandstorm merupakan ajang kompetisi yang secara konsisten telah dijalankan oleh L’Oréal Global untuk menemukan talenta-talenta berprestasi yang merupakan calon pemimpin di masa depan.

Lebih dari 40.000 mahasiswa dari seluruh belahan dunia telah berpartisipasi dan menampilkan inovasi yang dapat menjawab tantangan di masa depan.

Pemenang nasional L’Oréal Brandstorm akan diberikan kesempatan untuk bergabung di L’Oréal Indonesia dan mendapatkan mentorship langsung oleh Management Committee L’Oréal Indonesia sebelum beradu dengan tim lainnya dari 65 negara di tingkat internasional pada tanggal 23-24 Juni 2020.

Editor: Kurniawati Hasjanah

disadur dari : jakarta.tribunnews.com hal 1, jakarta.tribunnews.com hal 2