Tim Pengmas Teknik Kimia, Teknik Pangan, dan Teknik Bioenergi dan Kemurgi Laporkan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Inerie dan Aimere

 

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dari Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Pangan, dan Prodi Teknik Bioenergi & Kemurgi kembali mengunjungi warga desa Inerie (Kecamatan Inerie) dan desa Aimere (Kecamatan Aimere), Kabupaten Ngada, NTT, pada tanggal 7 s/d 10 September 2023 bersama Tim Monitoring dan Evaluasi LPPM-ITB, Tim Buku LPPM-ITB, dan FORTUGA ITB. Tim Pengmas diwakili oleh Prof. Dr. Lienda Aliwarga (Dosen Prodi Teknik Pangan), Dr. Ir. I Dewa Gede Arsa Putrawan (Dosen Teknik Kimia), Teuku Almas Rifa Abiyyu (mahasiswa Teknik Bioenergi da Kemurgi), dan Javier Pujo Ardana (mahasiswa Teknik Pangan). Dalam kesempatan ini, Tim Pengmas melaporkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di kedua desa tersebut melalui audiensi dengan Bupati Kabupaten Ngada (Bapak Andreas Paru, S.H., M.H.).

 

Warga desa

 

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan meliputi pengeringan buah, pengolahan kelapa menjadi VCO, pembuatan es balok untuk pendinginan ikan dan pembuatan pelet pakan ternak dari limbah pertanian. Tim Pengmas juga mendamping LPPM-ITB dalam penandatanganan berita acara serah terima teknologi Pengeringan Buah, Pengolahan Kelapa, Pendinginan Ikan, dan Pembuatan Pakan Ternak. Acara serah terima dihadiri oleh Camat, Pejabat Kepala Desa, tokoh-tokoh, dan warga desa Inerie dan Aimere. Kegiatan disambut dengan antusias oleh warga desa. Produk-produk hasil karya warga desa sebagai hasil dari penerapan teknologi yang dikenalkan melalui pelatihan yang dilaksanakan pada kunjungan sebelumnya turut dipamerkan dalam kesempatan ini. Kegiatan yang dilaksanakan selaras dengan tagline Kabupaten Ngada, yaitu TANTE NELA PARIS (menggerakkan perekonomian dalam membangun daerah Kabupaten Ngada melalui perTANian, peTErnakan, NELAyan, dan PARIwiSata).

Produk Pengeringan Buah

 

Produk VCO

 

Produk Pakan Ternak