Kurikulum Program Sarjana (S1)

Pendidikan di Program Studi Sarjana Teknik Kimia ITB bertujuan menyiapkan para lulusan untuk menjadi kontributor-kontributor yang berharga bagi bidang karir pilihan mereka. Untuk itu, program pendidikan Teknik Kimia ITB dirancang agar lulusan dapat mencapai tujuan-tujuan berikut dalam kurun waktu 5 tahun setelah menyelesaikan studi mereka:

  1. Berkembang dalam profesi mereka dengan mempraktekkan prinsip-prinsip dan metode-metode Teknik Kimia dalam jalur-jalur karir teknik, manajerial, maupun jalur-jalur lainnya.
  2. Menjadi anggota tim yang efektif dalam organisasi kerja dengan menerapkan dan mengembangkan kecakapan komunikasi serta kepemimpinan mereka.
  3. Telah meraih atau sedang menekuni studi pascasarjana dalam bidang rekayasa, sains, bisnis, maupun bidang-bidang studi lainnya yang relevan, sertifikasi profesional, dan/atau secara aktif terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan profesionalisme di dalam pekerjaan mereka.

Kurikulum Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung senantiasa diperbaharui setiap 5 tahun sekali. Kurikulum 2019 yang berlaku saat ini disusun sesuai arahan ITB dalam menjawab Tantangan Industri 4.0. PS Sarjana TK menerapkan paradigma Learner Centered Education (LCE) serta mengembangan kurikulum berbasis pada 4 isu strategis (Big Data Analysis, Artificial Intelligensce, Coding/Computational Thinking, and Sustainability).

Program pendidikan PS Sarjana TK terbagi menjadi 2 tahap, yaitu Tahap Tingkat Pertama Bersama (TPB) selama 2 semester dengan beban 36 sks, dan Tahap Sarjana terdiri dari 6 semester dengan beban 108 sks. Program Studi Sarjana Teknik Kimia memiliki 2 jalur pilihan yaitu: Teknologi Kimia (TK) dan Teknologi Bio-proses (TB). Kedua jalur pilihan tersebut memiliki susunan mata kuliah yang berbeda dimulai pada semester ke 4. Struktur mata kuliah dalam kurikulum yang disusun menurut format dari ITB adalah sebagai berikut:

  1. Tahap Tingkat Pertama Bersama (TPB)
  2. Tahap Sarjana

A. Kurikulum Jalur Pilihan Teknologi Kimia (TK)
B. Mata Kuliah Jalur Pilihan Teknologi Bioproses (BP)
C. Mata Kuliah Muatan 4 Isu Strategis
D. Mata Kuliah Pilihan Program Studi Teknik Kimia
E. Mata Kuliah Luar Prodi yang Dapat Diambil
F. Paket Program Studi Minor yang Dapat Diambil
G. Mata Kuliah Minor Program Studi Teknik Kimia